Jangan Pernah Mendengarkan Kritik

Kritik, setiap hari kita dikritik, disarankan, dinasehati, diingatkan dan banyak lagi kata ganti yang digunakan untuk memperhalus namun tetap saja artinya ya KRITIK. permasalahannya adalah sikap kita setelah mendapatkannya. ada yang menerima tapi mencibir, ada yang menganggapnya sambil lalu, ada yang menjadikannya pembelajaran diri, bahkan ada yang balik menyerang dengan argumentasi.

Sangat banyak orang yang menyarankan bagaimana menghadapi kritik, bidang filsafat bahkan memberikan berbagai pengandaaian untuk menjelaskan betapa berharganya sebuah kritik. dan saya yakin bahwa mengkritik adalah suatu kemampuan yang paling banyak dimiliki manusia. bahkan, anak kecil aja pandai mengkritik. Tapi percayakah anda, kalo kebiasaan mengkritik adalah hal yang sangat merugikan anda? kalau sebenarnya, dengan anda mengkritik maka anda telah mengungkapkan kebodohan serta kekurangan anda sendiri?

Bukankah kita semua mengakui, betapa gampangnya melihat kekurangan apalagi apabila hal itu adalah kekurangan orang lain kemudian kita menanggapinya dan akhirnya keluarlah magic word itu, "Kamu itu ternyata....(sensor)". kaloo lawan kita tersenyum dan berterimakasih, maka selamatlah kita. Tapi kalo lawan kita gak terima maka meranalah anda (kalo saya gak mau merana).


Kritik tak pernah didasari rasa sayang; kritik tak pernah diberikan untuk kebaikan seseorang. Kritik dirancang untuk melemahkan atau menciptakan ketidaknyamanan dan keraguan dalam diri orang yang dikritik.”
–Karen Casey, Change Your Mind and Your Life Will Follow

Singkatnya, kritik itu sangat berbahaya. Orang sering mengatakan kritik membangun tapi percayalah bahwa itu adalah kata-kata sampah. Sebenarnya gak pernah ada orang yang bisa maju dengan menerima kritik, dan gak ada orang yang bisa benar-benar menerima kritik. kritik hanya melemahkan anda. Jangan pernah mendengarkan kritik, dan hidup anda akan menjadi lebih indah. Jangan pernah mengatakan pada diri anda sendiri bahwa "itu adalah kritik membangun". Itu hanya akan merusak dan menyia-nyiakan potensi anda.

Mengapa kritik bisa begitu merusak dan menyia-nyiakan potensi diri seseorang? Sebab kritik hanya memfokuskan diri kita kepada hal yang negatif. Saat Anda dikritik, Anda kecewa dan mungkin marah, sambil pikiran Anda fokus kepada apa yang menjadi objek kritikan. Sementara, dalam ilmu pikiran, fokus ditambah emosi sama dengan kenyataan.

Kebiasaan mengkritik menjadikan seseorang hanya fokus pada kekurangan tanpa memperhatikan kelebihan, sehingga potensi yang seharusnya dapat dikembangkan menjadi tersia-sia dengan menghabiskan waktu untuk menutupi kekurangan. Bukankah ini hal yang sangat merugikan, karena setiap manusia yang hidup didunia hanya mempunyai waktu 24 jam sehari tak kurang dan tak lebih.

Dijelaskan baik melalui Law of Attraction maupun Psycho-Cybernetics. Menurut Law of Attraction, jika kita fokus pada suatu hal kemudian diringi oleh emosi yang kuat, maka kita akan menarik apa yang kita fokuskan. Begitu juga dijelaskan dalam teori Psycho-Cybernetics, fokus ditambah emosi akan menghidupkan suatu mekanisme dalam tubuh dan pikiran kita untuk mewujudkan apa yang menjadi fokus pikiran kita.

Sekarang kita bisa mengambil kesimpulan, yaitu jangan mengkritik dan jangan biarkan diri Anda dikritik. Jika Anda ingin mengubah atau membangun seseorang, carilah cara lain selain mengkritik. Begitu juga, hindari bergaul dengan orang-orang yang suka mengkritik. Semakin sedikit Anda mendengar kritik, semakin sehat pikiran kita.

Jika terpaksa sering menerima kritik, jangan biarkan pikiran bawah sadar Anda menerima kritik tersebut. Jika Anda membiarkan pikiran bawah sadar Anda menerima kritik, percayalah, akibatnya seperti dihipnotis, secara tidak sadar Anda malah mewujudkan kritikan tersebut. Anda harus memiliki suatu pertahanan dalam pikiran Anda. Pertahanan itu adalah pikiran positif. Teruslah membangun pikiran positif atau pikiran indah. Katakanlah selalu kata-kata positif tentang diri anda dan orang lain, hal itu jauh lebih berguna. Kata-kata positif lebih mampu menggugah dan memberi harapan bahkan mampu menciptakan perbedaan.

Silahkan baca posting dari saya ini sebagai bahan pertimbangan. Jangan mengkritik, pasti akan saya hapus!....SERIUS!!!


comment 0 comments:

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

 
© Corat - Coret..... | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger